Kwarda Lampung Gelar Rakerda

Sako SPN
Foto: Johan Wahyudi Sekpinsako Sakoda SPN Lampung dalam Rakerda

Dalam rangka menajalankan amanat Musyawarah Daerah (Musda) Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Lampung yang lalu, Kwarda menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Tahun 2017 untuk menjalankan program-program yang telah dirumuskan dalam Musda.

Rakerda yang mengambil tema “Bekerja untuk Kaum Muda Mewariskan yang Terbaik bagi Bangsa” ini diselenggarakan di Gedung Graha Bhakti Pramuka, Bandar Lampung Sabtu (25/3).

Ketua Panita Rakerda Wan Abas Zakaria dalam laporannya menyampaikan bahwa dalam Rakerda akan dibahas program kerja untuk satu tahun ke depan. Ada tiga agenda dalam rakerda, yaitu evaluasi penyelenggaraan kegiatan tahun 2016, pemantapan program 2017, dan proyeksi kegiatan tahun 2018 baik ajang nasional maupun internasional yang akan diikuti Kwarda Lampung.

Rakerda dibuka oleh Gubernur Lampung yang diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Hamartoni Ahadis. Dalam sambutan tertulisnya Gubernur menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Pimpinan Kwarda yang sangat aktif menjalankan roda organisasi. “Dengan organisasi yang aktif diharapkan dapat meningkatkan pembangunan di Lampung,” harapnya.

Disela Rakerda ditandatanganii nota kesepahaman antara Kwarda dengan Universitas Lampung tentang pembinaan mahasiswa baru, dan dengan Foundation for A Drug Free World tentang pencegahan penyalahgunaan narkoba. Nota kesepahaman ditandatangi langsung oleh Ka Kwarda, Rektor Unila Prof. Hasriadi Mat Akin dan Direktur FDFW Gery Bromwell.

Sementara itu Ketua Kwarda Kak Idrus Effendi menyatakan berbagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat menjadi fokus utama kegiatan Kwarda.“Pengabdian kepada masyarakat menjadi fokus kita, ada tujuh bidang yang akan terus dijalankan sebagai karya untuk masyarakat. Selain itu akan ada lomba karya daerah yang digelar di tingkat kabupaten dan kota,” pungkas mantan Kadis Perhubungan Lampung ini.

Seusai pembukaan, diresmikan Badan Usaha Kwarda Lampung yang mengelola madu dari mulai produksi hingga pemasarannya secara profesional. Pengguntingan pita dilakukan oleh Asisten yang mewakili Gubernur. Selain itu digelar juga pengukuhan pengurus Kwarda, sebagai perhantian antar waktu (PAW) Wakil Ketua VII Bidang Abdimasgana dari Zulkarnain kepada Sumarju Saeni. PAW ini dilakukan karena pengunduran diri Zulkarnain sehubungan dpengangkatan dirinya sebagai Kasatpol PP Lampung Selatan.

Pengukuhan yang lainnya adalah Pimpinan Satuan Karya Tingkat Daerah Lampung, yaitu Saka Bahari, Saka Dirgantara, Saka Taruna Bumi, Saka Pariwisata, dan Saka Wira Kartika. Di antara 250 orang peserta, hadir pula sebagai peserta utusan Pinsako SPN Tingkat Daerah Lampung yaitu Sekretaris Pinsako SPN Johan Wahyudi. (Ujo)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*