Kwarnas Bakal Gembleng Penggalang Nasional

Dok. LINES

Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka segera menghelat kembali lomba tingkat lima (LT-V) bagi Pramuka tingkat penggalang di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, 22 – 28 Oktober 2017. Acara ini bertajuk “Persaudaraan, Mandiri dan Prestasi.

“Tema itu dipilih karena Pramuka ingin secara nyata mempraktikkan persaudaraan dalam kebhinekaan. Oleh karena itu, meskipun lombanya beregu, namun skenario kegiatan lombanya dalam pasukan terdiri dari beberapa regu,” ujar Wakil Ketua Kwarnas S. Budi Prayitno.

Ketua Kwarnas Pramuka Adhyaksa Dault dalam konferensi pers mengungkapkan, LT-V merupakan salah satu kegiatan yang paling menarik di Pramuka. Kegiatan ini begitu dinanti dan prestisius, karena berjenjang dan sangat ketatnya seleksi regu yang bisa mengikutinya.

“LT-V ini dilaksanakan setiap lima tahun sekali. Peserta kegiatan ini adalah Pramuka Penggalang yang tergabung dalam satu regu, baik regu putra maupun regu putri dengan usia 11-15 tahun,” ungkap Adhyaksa di Gedung Pramuka Gambir Jakarta Pusat, Kamis (12/10).

“Lebih dari sekadar kompetisi, LT-V ini mempertemukan anak-anak muda terbaik di Indonesia dengan tujuan meningkatkan interaksi di antara mereka, mendorong kerja sama, sehingga meningkatkan peran Pramuka sebagai kader Pancasila dan perekat NKRI,” kata Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault.

Dalam jumpa persnya di Jakarta, Kamis (12/10/2017), Adhyaksa mengatakan lewat LT-V, adik-adik Pramuka langsung belajar dan mempraktekkan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia, seperti musyawarah, gotong-royong, belajar mendengar, belajar menyampaikan pendapat, menjadikan perbedaan sebagai kekuatan dan lainnya.

Adhyaksa melanjutkan, seperti kegiatan Gerakan Pramuka lainnya yang di luar ruangan, LT-V dilaksanakan dengan cara rekreatif, kreatif, edukatif dan kompetitif. Kemudian regu yang bisa mengikuti LT-V ini adalah regu berprestasi tinggi atau yang menjuarai empat lomba tingkat (LT) sebelumnya, yaitu: LT-I (tingkat gugus depan), LT-II (tingkat kwartir ranting/kecamatan), LT-III (tingkat kwartir cabang/kota atau kabupaten), dan LT-IV (tingkat kwartir daerah/provinsi).

“LT-V adalah pertemuan dan perlombaan antar regu penggalang terbaik dari setiap provinsi /kwartir daerah di Indonesia. Masing-masing Kwarda mengutus regu putra dan regu putri dengan jumlah anggota regu sebanyak delapan orang. Ibarat pertandingan sepakbola, LT-V adalah Piala Dunianya Pramuka,” paparnya.

Sako SPN Berpastisipasi dalam LT-V

Banyak dari utusan Satuan Komunitas dari seluruh Nasional mengikuti perhelatan acara ini. Salah Satu Komunitas Nasional yang mengikuti acara ini adalah Satuan Komunitas Sekawan Persada Nusantara (Sako SPN).

“Dalam acara LT V ini, Sako SPN DKI Jakarta dan Lampung akan mengikuti acara penggalang yang bergengsi ini, mereka tergabung dalam Kwartir Daerahnya masing-masing,”ujar Rioberto selaku Wakil Ketua Sako SPN.

Rio menambahkan acara LT V ini memacu semangat kawan-kawan pramuka usia penggalang agar lebih giat berlatif dan implemantif. Terutama dalam aplikasi Sesosif sebagai implementasi dari syarat kecakapan yang ada dalam Pendidikan Gerakan Pramuka.

“Memberi warna baru terutama dalam hal pembentukan karakter dibidang mental dan spiritual. Disiplin, ibadah, akhlaq baik, mandiri itu tidak terlepas dari nilai-nilai Dasa Darma Pramuka bagi adik-adik penggalang,”tambah Rio yang menjabat menjadi Andalan Kwartir Nasional.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua Kwarnas Bidang Pembinaan Anggota Muda (Binamuda) Budi Prayitno mengatakan, dibanding LT-V edisi sebelumnya, LT-V tahun ini cukup berbeda. Selain lokasi lomba yang lebih menantang, LT-V kali ini didesain dengan menyesuaikan perkembangan zaman dan generasi Z.

Pendaftaran, beberapa hal yang akan dilombakan, hingga semua informasi dan penugasan akan memaksimalkan penggunaan IT. “Apa yang diwariskan oleh kakak-kakak pembina Pramuka terdahulu tetap kita pertahankan dengan beradaptasi dengan perkembangan zaman dan tantangan ke depan,” ungkap Budi. Dalam LT-V ini Gerakan Pramuka telah merencanakan akan ada 35 lomba yang digelar pada acara bagi para Pramuka Penggalang. (LINE/Wicak)

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*