Latihan Menanam Mangrove

Sakocab SPN Kabupaten Pandeglang menggelar pelatihan menanam mangrove pada Selasa (1/5). Pelatihan ini diikuti 65 Siaga dan dihelat di sekitar kantor Loka Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (LPSPL) Serang, UPT Ditjen Pengelolaan Ruang Laut, Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Dalam sambutannya, Suhardi, Wanhat DPD LDII Kabupaten Pandeglang yang juga Mabi Sakocab SPN, mengatakan ketakwaan kepada Allah dan rasa cinta kepada alam harus ditanamkan kepada anak-anak sejak usia dini, “Hal ini bertujuan agar anak-anak tumbuh menjadi manusia yang ‘alim, berakhlak mulia,  mandiri dan bertanggung jawab terhadap sesama dan lingkungannya,” ujar Suhardi.

Latihan bersama ini dibuat dalam bentuk permainan yang menantang, menyenangkan dan membuka wawasan siswa didik, yang dipandu sekitar 20 orang pembina. Peserta latihan dikelompokan menjadi 4 regu dan masing-masing regu harus melalui empat pos dengan tugas dan tantangan yang harus diselesaikan sebaik-baiknya.

Selesai permainan, acara dilanjutkan dengan kegiatan penanaman bibit mangrove. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada Siaga  tentang pentingnya menjaga kelestarian ekosistem mangrove. Kegiatan menanam bibit mangrove dipandu oleh narasumber dari LPSPL Serang, Zaid Abdur Rahman.

Zaid memulai pelatihan dengan menerangkan hal-hal yang berkaitan dengan mangrove, fungsi ekosistem mangrove dan pentingnya menjaga kelestarian ekosistem mangrove. Sebanyak lebih kurang 300 bibit mangrove  jenis Rhizopora stylosa  ditanam dalam kegiatan ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*