Sakonas SPN Gelar Jota Joti 2018

Jamboree On The Air dan Jamboree On The Internet (JOTA-JOTI) merupakan acara Pramuka terbesar di dunia dengan lebih dari 1.3 juta Pramuka berpartisipasi di 150+ negara. Anggota Pramuka dari seluruh dunia terhubung satu sama lain selama JOTA-JOTI menggunakan gelombang udara dan internet.

Sesuai Jadwal, Sako SPN menggelar Jota Joti di akhir pekan bulan Oktober yang bertempat di Sanggar Utama Sakonas SPN Senayan Jakarta pada sabtu (20/10). Kegiatan ini dibuka oleh ka Rio Sidauruk selaku Wakabid Organisasi Sakonas SPN dan diikuti oleh 15 peserta dari perwakilan sakocab Jakarta, Depok dan Tangerang serta beberapa Sakoda yang ada di seluruh Indonesia.

Ada yang berbeda dengan kegiatan Jota Joti Kali ini, Pramuka SAKO SPN bekerja sama dengan Senkom Mitra Polri mengikuti JOTA dengan menggunakan aplikasi Senkon Digital Communication (SDC). Aplikasi ini merupakan alat untuk berkomunikasi melalui radio udara dengan smartphone dan dengan aplikasi ini diharapkan dapat memberikan kemudahan berkomunikasi dengan sesama pramuka Indonesia.

Dalam kegiatan ini peserta dilatih untuk dapat berkomunikasi  dengan pramuka Sako seluruh Indonesia melalui SDC juga diberikan materi-materi yang dapat menambah pengalaman menarik bagi peserta sehingga diharapkan dapat diikuti dengan baik oleh seluruh peserta Jota Joti serta tetap menjaga tobiat luhur dalam berkomunikasi sehingga terwujud jalinan komunikasi yang baik.

“Jalinan Komunikasi ini diharapkan dapat menjadi silahturahmi yang baik walaupun tidak bertatap muka langsung, sehingga dapat menjadi Pramuka dan panutan kader bangsa.” Ujar Rio

Pada dasarnya Jota-Joti ini bertujuan untuk memberikan pengalaman menarik bagi semua anggota di Pramuka menggunakan jangkauan terluas saluran komunikasi untuk mendidik,meningkatkan kesadaran budaya mengembangkan toleransi, serta kerjasama tim, bersama dengan membangun rasa memiliki terhadap Gerakan Pramuka di seluruh Indonesia.Dan mengingatkan peserta untuk terus dapat menjaga silahturahim dengan antar pramuka seluruh Indonesia.

Kedepannya diharapkan peserta dapat terus mengaplikasikan dan memanfaatkan kegiatan ini dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi wadah peserta untuk terus dapat menjaga silahturahim dengan antar Pramuka seluruh Indonesia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*