SILBINAS SAKO SPN 2019, Menjalin Silaturrahim Melatih Kecakapan

Bantul (21/11). Gerakan Pramuka Satuan Komunitas Sako Sekawan Persada Nusantara (SAKO SPN) menghelat silaturohim dan pelatihan kecakapan bagi kakak-kakak pembina Sako SPN se-Indonesia.

Acara itu dibalut dalam silaturrahim Pembina Nasional Satuan Komunitas Sekawan Persada Nusantara 2019 (SILBINAS SAKO SPN 2019). Acara ini bertujuan meningkatkan kualitas anggota dewasa Gerakan Pramuka khususnya SAKO SPN.

Sebagai organisasi yang mendukung Gerakan Pramuka, SAKO SPN merupakan satuan organisasi penyelenggaraan pendidikan Pramuka yang berbasis profesi, aspirasi, dan agama. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Pinsako SPN Edwin Sumiroza.

“Lewat acara ini, kami ingin membina dan meningkatkan kemampuan, pengetahuan, pengalaman, keterampilan, serta menambah dan mempererat hubungan kekeluargaan dan persaudaraan bagi para pembina pramuka sako SPN. Dengan begitu, mutu pendidikan kepramukaan di gugus depan dan satuannya dapat meningkat dengan pengabdian dan tanggung jawab yang tinggi,” ujarnya.

Ada beberapa kapasitas kakak-kakak pembina yang ingin ditingkatkan, yaitu Syarat Kecakapan Umum (SKU) dan Syarat Kecakapan Khusus (SKK). Mereka diharapkan dapat mendorong minat dan mengembangkan bakat peserta didik, mengelola satuan dengan baik, dan membuat program kegiatan di tempat masing-masing agar lebih menarik. Sekitar 1.000 orang perwakilan kakak-kakak pembina SAKO SPN dari 17 Provinsi turut memeriahkan acara ini.

SILBINAS SAKO SPN 2019 akan dilaksanakan pada tanggal 21-23 November 2019 di Bumi Perkemahan (Buper) Dewa Ruci, Dusun Wonoroto, Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bumi perkemahan ini tepat berada di bibir pantai yang menghadap langsung ke Samudera Hindia.

Selain sebagai bumi perkemahan, di lokasi tersebut juga terdapat bangunan miniatur ka’bah yang dapat digunakan untuk kegiatan manasik haji. Banyak sekolah dan berbagai komunitas sudah memanfaatkan fasilitas tersebut.

Sultan Hamengkubuwono X sekaligus Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Sosial dan Kemasyarakatan Drs. Tri Mulyono, MM, WAKA KWARNAS Kak Laksamana Muda (Purn) Kingkin Suroso, Bupati Bantul Drs. H. Soeharsono, beserta tokoh-tokoh masyarakat lain akan menghadiri pembukaan SILBINAS Sako SPN 2019 pada 21 November 2019. Mereka akan melakukan penanaman pohon bersama para peserta di Buper Dewaruci.

Di hari keduanya, Jumat (22/11) peserta akan melakukan bersih bersih pantai sekaligus Senam Pramuka serta tari Tradisional DIY secara kolosal sebagai bentuk kecintaan terhadap Budaya Indonesia. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dr. H. Zainudin Amali juga akan memberikan pemantapan kepada kakak-kakak pembina dengan tema seminar “Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Pendidikan Pramuka Untuk SDM Indonesia Maju”.

Kakak-kakak pembina, usai mengikuti Seminar Parenting “Pengasuhan positif di era digital” yang dibawakan Pakar Psikolog sekaligus Sahabat Keluarga Kemendikbud Nana Maznah akan melakukan kegiatan bakti sosial kepada warga Bantul. Bantuan yang akan diberikan berupa pakaian layak pakai. Kegiatan Ini merupakan wujud kepedulian terhadap sesama.

Usai mengikuti acara ini, peserta diharapkan dapat meningkatkan kompetensi mereka menjadi kakak-kakak pembina pramuka yang berkompetensi di wilayah masing-masing. Dengan ini, generasi penerus akan terbina dengan baik dan tujuan Gerakan Pramuka kian tercapai. (Khoir)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*