Sako SPN Menerapkan Syarat Kecakapan Umum Berbasis E-Learning

Bantul (21/11) Syarat Kecakapan Umum (SKU) adalah  syarat kecakapan yang wajib dimiliki oleh setiap anggota pramuka sebagai prasyarat untuk mendapatkan Tanda Kecakapan Umum (TKU). SKU disusun menurut pembagian golongan usia Pramuka yaitu golongan Siaga, golongan Penggalang, golongan Penegak dan golongan Pandega. Dibawah Satuan Komunitas Nasional Sekawan Persada Nusantara (Sakonas SPN), SKU dikaitkan dengan pendidikan karakter berbasis masjid dan pondok pesantren.

Para pengajar di pondok pesantren melaksanakan kegiatan Silaturrahim Pembina Nasional (Silbinas) dengan harapan dapat membuat standar kompetensi mengajar dengan lebih sensitif terhadap peserta didik di zaman milenial era 4.0. Dalam dunia yang serba cepat ini, jalinan silaturahim perlu dilancarkan untuk saling memberikan manfaat dan meningkatkan ilmu

“Perlu adanya penyamaan dan standarisasi pembina tingkat Nasional. Hal ini untuk menjaga kualitas kegiatan belajar mengajar kepramukaan ditingkat siaga, penggalang, atau penegak” tutur Edwin sebagai pemateri.

Edwin sebagai pin Sakonas SPN berharap, para pembina dapat meningkatkan literasi digital dan menyusun sistem pembelajaran melalui Learning Management System (LMS). Nantinya LMS akan menjadi aplikasi perangkat lunak untuk mengelola informasi seputar materi kepramukaan dalam penyelenggaraan SKU, RM, Program Tahunan, Semester, atau Triwulan) serta sinkron padu dengan pengajar dan orangtua.

“Terkadang masih ada pengajar yang telah dilatih namun belum terbiasa dan masih bingung untuk mengajar siswa didik” tambahnya.

LSM ini memang dirancang untuk merubah cara pembelajaran dan pelatihan serta menghilangkan kesenjangan pembelajaran. LMS menawarkan manajemen kelas maya, tidak di ruang kelas konvensional lagi namun bisa diluar kelas secara asik dan gembira.

Acara yang digelar 20-23 November ini bertempat di Bumi Perkemahan Dewa Ruci Bantul Yogyakarta dan dihadiri 1014 peserta dari seluruh Sakoda SPN Indonesia yang berasal dari 17 provinsi. (Rino)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*