WISATA KRATON NGAYOGYAKARTA MENUTUP ACARA SILBINAS

Yogya (23/11) – Sebagai wujud dukungannya terhadap kegiatan Silaturahim Pembina Nasional (Silbinas) Satuan Komunitas Sekawan Persada Nusantara (SAKO SPN) 2019, pada hari Sabtu (23/11) Ka Kwarda DIY, GKR Mangkubumi mengundang seluruh peserta dan panitia untuk mengunjungi Kraton Ngayogyakarta.

Undangan berbalut wisata tersebut menandai berakhirnya serangkaian acara Silbinas yang berlangsung tanggal 20-23 November 2019 di Bumi Perkemahan (Buper) Dewa Ruci, Dusun Wonoroto, Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, DIY.

Setelah tiga hari para peserta mendapatkan materi untuk bekal pembinaan para anggota pramuka di daerahnya masing-masing, pada hari keempat ini, mereka memenuhi undangan GKR Hemas. Selain Silbinas, peserta diperkenalkan salah satu dari sekian banyak tempat wisata yang ada di Yogyakarta.

Setibanya di lokasi, peserta dipandu Abdi Dalem mengenal beberapa museum didalamnya, mulai Museum Kristal, Museum Batik, Museum Perkakas, sampai Museum Sultan Hamengku Buwono IX. Kemudian rombongan disambut Ka Kwarda DIY, GKR Mangkubumi di Bangsal Kesatrian. Dihadapan 600an peserta yang hadir, GKR Mangkubumi memaparkan sejarah Kraton Ngayogyakarta, mulai sebelum Indonesia merdeka, hingga keberadaannya saat ini.

Antok Haryanto, ST, salah satu peserta Silbinas dari Sakoda Trenggalek, Jawa Timur, sangat terkesan dengan kunjungan ini. “Menjadi tahu sejarah Kraton Ngayogyakarta yang sebenarnya”, tuturnya saat ditemui kru Lines usai serangkaian acara wisata.

Perlu diketahui bahwa SAKO SPN merupakan gerakan pramuka berbasis komunitas yang terlahir karena adanya Undang – Undang No. 10 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Peraturan ini memungkinkan masyarakat mendirikan Gerakan Pramuka berdasarkan aspirasi masing-masing yang sesuai dengan UUD 1945 dan Pancasila.

Sebagai organisasi yang mendukung gerakan pramuka, SAKO SPN merupakan satuan organisasi penyelenggaraan pendidikan pramuka yang berbasis profesi, aspirasi, dan agama.

Mengakhiri sambutannya, GKR Mangkubumi mengajak kepada seluruh pembina pramuka yang hadir untuk mencetak kader pembina/pelatih pramuka yang berkualitas. “Besar dan sukses adalah gampang. Tetapi menjadi generasi berkualitas tidak mudah”, tuturnya.

Menanggapi pesan tersebut, perwakilan Kwarnas SAKO SPN, Rio Berto Sidauruk, SH, M Hum siap mendukung program kepramukaan GKR Mangkubumi dan tetap selalu menjaga Bhinneka Tunggal Ika. (Khoir)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*