Mabi Sako Sekawan Persada Nusantara, Prof. Dr. Ir. KH Abdullah Syam Meninggal Dunia

Jakarta (14/7). Mabi Sako Sekawan Persada Nusantara, Prof. Dr. Ir. KH Abdullah Syam atau Abdullah Syarief Mukhtar lahir di Bogor, 22 Pebruari 1948, meninggal dunia pada usia 72 tahun, di Rumah Sakit Veteran dr Suyoto. Menurut dr Dani Pramudya, SpEM, yang mendampingi Abdullah Syam hingga saat meninggal dunia, mengatakan anggota Mabi Sako SPN itu menderita komplikasi diabetes, hipertensi, dan jantung.

“Beliau meninggal dunia pada pukul 03.30 pada Selasa, 14 Juli 2020,” ujar Dani. Sebelumnya Abdullah Syam telah dirawat di rumah sakit selama lima hari. Karena kondisinya telah stabil, dokter yang merawat mengizinkan pulang. Namun sesampai di rumah kondisinya menurun kembali, “Beliau kemudian dirawat di rumah sakit hingga meninggal dunia,” ujar Dani.

“Kak Abdullah Syam sangat memperhatikan Kemandirian Bangsa, salah satunya Kemandirian Pangan perlu dimiliki oleh semua warga masyarakat. Sebagai Majelis Pembimbing Pramuka SAKO SPN, program ini makin didorong sewaktu Pandemi Covid-19 mengharuskan siswa-siswa sekolah harus belajar dan beraktivitas dirumah. Melalui program “Farming and Gardening ” semua anggota Pramuka Sako SPN didampingi Pembina dan orang tua serentak melaksanakan bercocok tanam dan berternak di pekarangan rumah. Bahkan program ini mendapat dukungan dari Asia Pacific Regional-WOSM dan Kwarnas Gerakan Pramuka Indonesia. Bukan hanya Kemandirian pangan yang diharapkannya, setidaknya generasi penerus bangsa melalui pandemi ini mendapatkan hikmah berupa kesadartahuan dan kecakapan untuk makin mandiri dengan semua sumberdaya yang diamantkan Allah SWT., ” ujar ketua Pimpinan Sako SPN tk Nasional Edwin Sumiroza.

“Sejak disahkannya UU no. 12/th.2010, yang menjelaskan adanya Satuan Komunitas dalam Gerakan Pramuka, Kak Abdullah Syam berperan aktif mendorong terbentuknya Sako SPN sebagai salah satu wadah pembinaan generasi muda melalui kepramukaan,” ujar sekretaris Pimpinan Sako SPN tk Nasional Adityo Handoko menambahkan.

Kini, kak Syam telah berpulang ke sisi Allah. Semoga jasa-jasanya menjadi amal jariyah baginya, dan bermanfaat bagi Sako SPN, Gerakan Pramuka serta masyarakat pada umumnya.

Sakonas SPN menyampaikan apresiasi kepada semua pihak, termasuk tenaga medis RS Veteran Suyoto yang sudah berupaya maksimal dalam menangani almarhum, sejak tiba di RS hingga akhir hayatnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*