Dewan Muda Nasional Sako SPN Resmi Dikukuhkan

Dewan Muda Nasional (DMN) Satuan Komunitas Sekawan Persada Nusantara (Sako SPN), adalah wadah pembinaan dan pengembangan kaderisasi kepemimpinan di tingkat nasional sebagai bagian integral dari Sako.

Dewan Muda berkedudukan sebagai badan kelengkapan Sako yang diberi wewenang dan kepercayaan, untuk membantu Sako menyusun kebijakan dan pengelolaan kegiatan Pramuka Penegak dan Pandega sesuai prinsip “dari, oleh dan untuk” Pramuka Penegak dan Pandega dengan bimbingan orang dewasa.

Sako SPN menggelar kegiatan pengukuhan dan pelantikan Dewan Muda Nasional secara virtual dengan tema “Kontribusi Pramuka Sako SPN untuk Indonesia Bangkit dan Maju” pada, Minggu, 6 September 2020 bertempat di kantor DPP LDII Jakarta. Pelantikan DMN dilaksanakan secara daring, melalui aplikasi Zoom.

Aula kantor DPP difungsikan sebagai studio utama dan beberapa studio dari daerah Jawa, Kalimantan, Sumatra, Sulawesi dan Papua. Acara pelantikan ini dihadiri oleh Edwin Sumiroza selaku Pinsakonas dan Chriswanto Santoso selaku Mabi Sakonas SPN. Sementara peserta pelantikan 38 orang dan 200 tamu undangan dari perwakilan provinsi di seluruh Indonesia.

DMN Sako SPN dilantik dan dikukuhkan oleh ka Edwin Sumiroza yang disertai Surat Keputusan Pelantikan yang menyatakan pengesahan 38 anggota DMN Sako SPN. Adapun keputusan tersebut untuk melantik dan menetapkan M. Akbar Alimsyah sebagai Ketua Dewan Muda Nasional periode ke 2.

Sebelum dilantik dengan disaksikan oleh seluruh undangan, calon terlantik mengucapkan ikrar pelantikan dan satya pramuka dilanjutkan dengan penandatanganan ikrar yang ditandatangani oleh Ketua Dewan Muda Nasional yang diketahui oleh Pinsakonas.

Kegiatan ini bertujuan menjadikan dewan muda seorang pelopor dalam kejujuran yang dapat mengarah pada kebaikan dan menjadi penggerak generasi penerus yang membantu para Pembina melatih Satuan Komunitas di provinsi, cabang maupun gugus depan di seluruh Indonesia.

“Saya berharap dengan dilantiknya sebagai Ketua Dewan Muda Nasional dapat mengembangkan dan memajukan semua kegiatan-kegiatan dewan muda sebelumnya dan juga bisa membantu kegiatan di Sako SPN tingkat nasional dan melancarkan program-program yang sudah dicanangkan oleh Sako SPN dan bisa memberikan kontribusi untuk Sako SPN dan juga untuk Indonesia” ujar Akbar selaku Ketua DMN terpilih.

Chriswanto Santoso selaku Mabi Sako SPN berpesan Dewan Muda supaya menjadi motor untuk generasi penerus di provinsi masing-masing juga menjadi contoh untuk generasi penerus yang tidak hanya berilmu tetapi memiliki alim fakih dan bergerak menjadi generasi yang unggul yang merupakan tujuan dari LDII itu sendiri.

Menurutnya terdapat enam komponen yang harus dimiliki seorang DMN yaitu tiga individual behavior dan tiga social behavior. Komponen ini memiliki karakter-karakter yang dapat membentuk team building dalam diri DMN hingga menghasilkan SDM yang profesional religius. Lakukan karya dan lakukan kontribusi apapun untuk memberikan yang terbaik untuk Indonesia.

Menurut Chriswanto, perjuangan dalam menghasilkan generasi penerus yang unggul itu tidak mudah maka sebagai generasi penerus agar tetap berusaha juga banyak belajar dan tidak puas dalam menimba ilmu.

Ia menambahkan, jangan melihat dari sisi negatif tetapi ambil sisi positif untuk menghasilkan kontribusi yang nyata dan jadikan sisi negatif itu kekuatan untuk berkembang dan membangun menuju Indonesia Sejahtera 2040. (Tamy)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*