Resmi Dilantik Sakocab SPN Kota Tegal Siap Bersinergi dengan Pendidikan Karakter

Satuan Komunitas Sekawan Persada Nusantara Cabang Kota Tegal ( Sakocab SPN Kota Tegal) resmi dilantik oleh Kwartir Cabang Kota Tegal. Pengukuhan Sakocab SPN Kota Tegal dan pelantikan Mabicab dan pengurus Gerakan Pramuka dilaksanakan pada Sabtu, 19 Desember 2020 bertempat di Sanggar Bhakti Pramuka Jalan Hang Tuah No.23 kota Tegal.

Kegiatan digelar secara luring (Offline) dan dariing (Online) melalui aplikasi Zoom. Hadir dalam kesempatan ini sebanyak 15 orang dari perwakiln jumlah keseluruhan 32 orang dan juga disaksikan oleh Pinsakoda SPN Provinsi Jawa Tengah di Semarang dan Pinsakonas SPN di Jakarta, mengingat masa pandemic covid-19 yang belum usai sehingga dibatasi jumlah peserta yang tidak lebih dari 50 orang dan melaksanakan protokol kesehatan yang ketat.

Dalam sambutannya Ka Kwarcab yang diwakilkan Wakil Ketua Bidang Bina Satuan Bambang Suwidagdo yang sekaligus melantik Sako SPN mengatakan bahwa Sako SPN melengkapi Sako yang ada di Kota Tegal dan menambah keluarga baru kami sebagai bagian dari organisasi masyarakat terutama berbasis agama. Kami merasa senang sebab pada dasa dharma yang pertama yaitu Takwa kepada Tuhan YME. Sako SPN adalah salah satu Sako yang secara aktif membina generasi yang faham agama dan karakter budi pekerti melalui majelis dan pondok pesantren.

Menurut Bambang,  Sako SPN secara sinergi membantu membangun generasi muda secara akhlak dan budi pekerti disisi lain tidak melupakan kecakapan dan ketrampilan hidup. Setelah moment ini dilaksanakan supaya diadakan kursus orientasi singkat dan kursus lain yang mendukung pembinaan anggota pramuka muda dan dewasa secara berkesinambungan. Selaras dengan Ketua Sakocab SPN Kota Tegal H.Imam Sujarwanto mengatakan “Kami siap untuk adakan pelatihan dan kursus mendukung penuh kegiatan yang selaras dan sinergi dengan pendidikan karakter dan kepramukaan.” Ujarnya.

Ketua mabisako yang menjabat sebagai ketua DPD LDII Kota Tegal H. Alip Asmadi menambahkan bahwa SPN Merupakan Satuan Komunitas Pramuka berbasis masjid dan pesantren yang mengalami sejarah panjang dimulai dari kegiatan Gugus depan Pramuka di Pondok Pesantren Burengan Kediri kemudian tahun 1970 berkembang di Jakarta dan Jawa Barat.Pada tahun 1980 dibentuk Gudep sekawan. Gerakan Kepanduan ini semakin berkembang seiring Undang Undang No.12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka yang didalamnya berisi tentang petunjuk penyelenggaraan satuan komunitas pramuka yg mengatur organisasi pramuka berdasarkan profesi, aspirasi, dan agama. Pada tanggal 25 November 2013 Prof.Dr.H.Azrul Azwar, M.PH selaku ketua Kwarnas melantik Sako Pramuka SPN, yang pada awal berdirinya baru memiliki 5 Sakoda Propinsi yaitu Lampung, Jawa Barat, DIY, DKI Jakarta, dan Banten.

Ketua Sakocab SPN kota Tegal H.Imam Sujarwanto merupakan Kepala SMAN 1 Margasari setelah sebelumnya dipilih melalui sidang presidium DPD LDII yang selanjutnya membuat susunan pengurus dikukuhkan dan dilantik Kwarcab kota Tegal masa bhakti 2020 – 2025. (NN)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*